Tipuan Sosial Media

Ok malam ini saya mencoba menuliskan tipu daya sosial media sejenis facebook, twitter, path, instagram dan sejenisnya kepada kita..
Hal ini sebenarnya sudah saya survey sejak 3 tahun yang lalu. Saya merupakan seorang pengiat teknologi khususnya dibidang Teknologi informasi..saya merupakan seorang IT freelancer dibidang programming..hampir semua jenis sosial media saya punya seperti sosial media facebook dan twitter saya sudah berumur sekita 7 tahun..sudah bermacam-macam orang yang saya temui di dunia maya dari ustad dunia maya, penipu dunia maya, penjahat-penjahat kelamin didunia maya, para developer pembangun sistem, publisher sampai bahkan para-para perentas dunia maya pernah saya temui di sosial media ini..
Ok well seperti yang kita ketahui bersama sosial media baiknya kita gunakkan sebagai media kita berkomunikasi dengan baik, mendekatkan orang-orang yang jauh jaraknya di kita.. Bukan sebaliknya menjauh kan orang yg dekat dengan kita..beberapa orang juga menggunkan sosial media untuk mempromosikan dagangan mereka .. Beberapa diantara lainnya mencari informasi dan berita mengenai apa yang terjadi didunia..
Seiring dengan berjalan nya waktu .. Sosial media menjadi sebuah ajang pamer, riya, dan membuang waktu oleh manusia-manusia yang tidak mengerti bagaimana adat menggunakan sosial media sebagaimana mustinya.. Banyak anak-anak dibawah umur yang seharusnya belom harus menggunakan sosial media dipaksa bahkan di anjurkan orang tua nya untuk menggunakan sosial media..bahkan yang lebih parah orang-orang tua menjadi bertingkah seperti anak-anak yang belum dewasa ketika menggunakan sosial media..
Well kita tau sosial media seperti facebook, twitter, path, instagram dan sejenisnya membuat kita memiliki banyak teman dari seluruh belahan dunia.. Bisa jadi tempat kita menemukan ide-ide baru dengan mensharing nya ke hal layak ramai..tapi taukah kawan banyak sekali tipu muslihat yang terjadi di dunia maya/sosial media?? Ok dari hasil 7 tahun saya menggunakan sosial media dan Saat ini akun anonim (fake) sosial media (facebook) saya berjumlah sekitar 500an akun. Tanpa anda sadari mungkin salah satu akun sosial media anonim saya mungkin adalah teman anda. Ini adalah beberapa hal yang merugikan dari sosial media :

1. Sosial media membuat anda jadi anti sosial.
Ya benar karna dengan sosial media anda menjadi malas untuk bersilaturahmi secara langsung dengan orang yang sebenarnya dekat dengan anda (tetangga, saudara, bahkan keluarga). Tanpa anda sadari anda lebih asik dengan gadget dan sosial media anda dari pada datang bersilaturahmi atau mungkin berkomunikasi via lisan dengan kerabat anda.
Bahkan anda bisa lupa pada anak anda, suami anda, istri anda,adik-adik anda, saudara-saudara anda, anda menganggap like kommentar teman-teman sosial media anda lebih penting dari orang-orang disekitar anda..anda akan menjadi tertutup dengan orang-orang disekitar anda

2. Sosial media menjadi ajang Riya (Pamer) dan Sia-sia.
Anda tidak sadar sebenarnya waktu ada terbuang sia-sia dengan mengakses facebook, twitter dan sejenisnya anda mampu berjam-jam didepan gadget anda hanya untuk bersosial media ria, sehingga terkadang anda lupa dengan tanggung jawab anda sebagai manusia kepada tuhan nya. (Kata bijaknya : Facebookan berjam-jam bisa sholat yg cuma 5 menit kadang berat). Dan percaya pada saya 90% pengguna sosial media hanya mengumbar kesia-siaan contoh : membuat status yang terkadang klo menurut saya g penting seperti contohnya :

- "Selamat Pagi Sobat Dumay" <<-- ini paling sering saya lihat di facebook setiap pagi.. Itu fungsi nya apa cobak?? Semua tau waktu itu sudah pagi..trus klo sudah pagi mau ngapain?? Mau balik lagi jadi malam klo kita buaf status seperti itu??

- atau "Status Diary Kehidupan" contoh nya "Makan siang yuk guys" <<-- emang klo buat status kyk gitu orang mau makan barengan ama kamu?? Enggak begok..!! Malah ntar ente yg susah klo semua temen2 sosial media ente datang minta dibayarin makan.

- atau "Status Curhat Sampah" kyk " Duh aku Galau" .. <<-- mau ente galau mau ente ngejebur ke jurang pun orang g peduli bro/mbak/sis.. Ente bukan publik figur atau sekelas artis hollyword jadi g perlu ente pamer kehidupan pribadi ente di sosial media..

- Ada lagi Tipe "Status Sok Selebritis" contohnya "Lagi Jemur pakaian", " Lagi Masak", "Lagi Bobok", " Baru bangun bobok" hampir semua kegiatan dibuat jadi status..g sekalian aja waktu "Lagi Boker" dibuat jadi status?? Yang baca juga muak dan mual terkadang dengan hal2 seperti itu bro/mbak/sis.

- Tipe tukang Update status melebihi makan obat dari dokter..dalam sehari bisa 10 sampai 30 bahkan bisa 100 status sosial media dalam 1 hari..

Hal riya dalam sosial media contohnya..setiap hari anda sibuk berselfie-selfi ria dengan kamera hape anda lalu anda post ke facebook?? Ini apa coba fungsinya?? Mau buat studio foto?? Mending ente cuci fotonya trus ente masukkin ke album foto..lumayan bisa nakut2in tikus didapur.. Atau foto2 makanan sebelum makan.. Ada baiknya ente baca doa klo sebelum makan bukan foto makanan nya..bayangkan jika yang membuka facebook anda anal kurang mampu yang buat makan aja dia susah..

Bayangkan bagaimana berdosa nya anda..

3. Sosial Media Fight
Ini juga merupakan hal yang paling sering terjadi di dunia maya..Orang bertengkar gara-gara sosial media .. Saling menghujat didunia maya..saling memfitnah didunia maya, saling tebar kebencian didunia maya, saling menyalahkan gara-gara sosial media..saling maki-makian bahkan bunuh-bunuhan karna sosial media Ini menurut saya hal paling g penting didunia..masih banyak hal yang bisa dilakukan.

4. Sosial Media Memiliki Syndrom Sok (Sok Artis, Sok Eksis, Sok Mengerti, Sok Kuat, dan Sok-Sok Lainnya).
Ini adalah dampak dari anti sosial tadi yang saya sebutkan diatas..syndrom sok ini terjadi karna anda terlalu yakin dunia maya dan dunia nyata itu sama..sebenarnya sangat bertolak belakang..anda bahkan bukan siapa-siapa didunia nyata walaupun anda kelihatan hebat didunia maya..rata-rata orang yang terlalu aktif di dunia maya merupakan anak kuper, kutu buku, kesepian dan sejenisnya sehingga dia membuat sosial media sebagai pelarian nya karna ketidak mampuan nya.

5. Sosial Media Membuat Anda lupa Siapa diri anda sebenarnya.
Banyak orang berkedok di sosial media mungkin anda salah satunya.. Berkedok ustad padahal bandit, berkedok cowok baik-baik padahal penjahat wanita, berkedok gadis padahal janda, berkedok wanita padahal laki-laki, berkedok bijaksana padahal g bs apa-apa, berkedok cantik padahal karya kamera 360, berlagak pintar padahal bodoh , berlajgak kaya padahal miskin, belagak muda padahal tua dan masih banyak kedok-kedok lain nya..
Seperti lagu "kedok ngorek kedok ngorek pinggir2 kali..teok tekdung teok tek dunf teok..teok ..tek dung" (^_^).
Anda bisa jadi siapa saja di sosial media..menjadi siapapun yg ingin anda mau disini tapi anda akan kehilangan jadi diri anda sebenarnya karna terlalu banyak menjadi "Wanna Be.."

6. Sosial Media membuat anda Miskin
Iya benar sosial media membuat anda miskin kreatifitas, miskin ide, miskin uang (karna abis buat beli paket..kadang lebih mentingin paket data internet dibandingkan makan)... Miskin iman karna banyak hal-hal yg bisa membuat hancur keimanan di sosial media...miskin saudara, miskin teman nyata, miskin kebijaksanaan, Miskin hal-hal nyata..bahkan anda bisa miskin rasa kemanusian karna sosial media..
Well demikian tadi pembahasan analisa saya mengenai sosial media, Saya bukan melarang para pembaca memiliki atau mengunakan sosial media..tapi alangkah baiknya sebelum menggunakan sosial media anda mengerti akan dampak dari sosial media yang perlahan namun pasti akan terjadi di hidup anda .. Yang Mendapatkan keuntungan dari hasil eksis anda di sosial media adalah pihak sosial media..bukan anda karna klo dalam dunia publisher IT ada istilah Trafik Visitor dimana artinya semakin sering website dan sebuah situs web dikunjungi maka akan semakin mahal dan tinggi nilai jual website tersebut..
Akhir kata mari kita sebarkan kebaikan di sosial media seperti sebuah Firman Allah "Berkatalah yang Baik atau Lebih Baik Diam" .. Sebarkanlah kebaikan supaya mendapatkan kebaikan..jangan jadikan sosial media penjerumus anda kelubang dosa tanpa anda sadari..mudah-mudahan kita dijauhkan dari semua kejelekan dan keburukan dan tipu daya dalam kehidupan..Aamiin..ya Rabbil ..Alamin.
Writer : Daiku7/Dev Smart Kode/Chief Kode Aceh/Seorang Hamba Allah/Manusia Biasa. (^_^)

Related Posts:

0 Response to "Tipuan Sosial Media"

Post a Comment